1. Sebutkan ruang lingkup pembelajaran
geografi di SMA/MA?
a. Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar geografi
b. Hubungan antar objek geografi melalui peta dan citra
penginderaan jauh dan aplikasi teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG)
c. Dinamika perubaahan atmosfer, biosfer, litosfer,
pedosfer, hidrosfer, dan antroposfer dan dampaknya terhadap permukaan bumi
d. Jenis, karakteristik, potensi, persebaran sumber daya
alam (SDA) dan pemanfaatannya
e. Karakteristik, unsur – unsur, kondisi (kualitas) dan
variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan pelestariannya
f. Lokasi industry dan persebarannya
g. Konsep wilayah dan pewilayahan, riteria dan
pemetaannya serta fungsi manfaatnya dalam analisis geografi
h. Pengembangan wilayah di Negara maju dan Negara
berkembang
2. Mengapa pembelajaran
geografi dapat memupuk rasa cinta tanah air dan semangat patriotisme siswa,
jelaskan?
·
Rasa
cinta tanah air perlu ditumbuhkembangkan dalam setiap jiwa individu yang
menjadi warga dari sebuah Negara atau bangsa agar tujuan hidup bersama dapat
tercapai. Salah satu cara untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan
semangat patriotisme melalui proses pendidikan geografi. Geografi yang salah
satu kajian menariknya berupa kewilayahan yang kompleks memberikan kontribusi
yang kuat dalam mewujudkan suatu pemahaman yang mendalam pada konsep batas
kedaulatan yang dimiliki oleh Indonesia, sehingga mewujudkan rasa memiliki
wilayah Indonesia pada peserta didik yang berdampak pada semakin tebalnya
nasionalisme generasi muda Indonesia. Seperti contoh kasus perebutan blok
ambalat, masih teringat sekali putusan mahkamah internasional yang menyatakan
itu adalah milik Malaysia. Tentu hal ini membuat kita marah, karena perlahan
lahan wilayah Indonesia mulai hilang. Geografi dibutuhkan dalam hal itu,
pengkajian perbatasan wilayah Indonesia secara otomatis menumbuhkan rasa cinta
tanah air dan patriotisme kita.
3. Mengapa media peta sangat
penting dalam pembelajaran geografi?
·
Geografi pada hakekatnya mempelajari
permukaan bumi melalui pendekatan keruangan yang mengkaji keseluruhan gejala
alam dan kehidupan umat manusia dengan kewilayahannya. Pentransformasian
pengetahuan geografi lebih efektif jika disajikan melalui media peta, hal ini
karena peta merupakan media yang sangat penting dalam pem-belajaran geografi.
Pembelajaran Geografi pada materi “Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka
bumi” merasa belum mampu mengoptimalkan aktivitas siswa khususnya kemampuan
membaca peta sehingga ber-pengaruh pada perolehan hasil belajar. Guru merasa
kesulitan mem-belajarkan konsep-konsep geografi pada siswa. Hasil identifikasi
awal, ditemukan beberapa indikator penyebab diantaranya: (1) minimnya kemampuan
siswa menunjukkan letak suatu tempat/lokasi geografis tertentu, (2)
kurangpahamnya siswa tentang orientasi peta (menentukan arah pada peta), (3)
minimnya kemampuan siswa dalam mengartikan simbol-simbol yang ada pada peta,
dan (4) kemampuan siswa mengungkap informasi yang ada pada peta sangat kurang.
Pelatihan melengkapi peta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca
peta sehingga ada peningkatan pada hasil belajar geografi.
4. Bagaimana kelebihan dari implentasi model Pembelajaran Kontekstual (CTL : cotextual Teaching and Learning) dalam
pembelajaran geografi?
Keunggulan :
◦
Ada interaksi antara guru dengan siswa..
◦
Dapat menilai penguasaan konsep siswa.
◦
Dapat melihat reaksi siswa terhadap ide-ide baru.
◦
Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian
siswa, sekalipun ketika itu siswa sedang ribut, yang mengantuk kembali tegar
dan hilang kantuknya.
◦
Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan
mengemukakan pendapat.
Kelemahan :
◦
Siswa merasa takut, apabila guru kurang dapat
mendorong siswa untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang
melainkan akarab.
◦
Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berfikir dan mudah
dipahami siswa.
◦
Tidak efektif bila siswa belum menguasai konsep dasar.
◦
Memerlukan banyak waktu, apalagi dalam jumlah siswa
yang cukup banyak
5.
Sebut dan jelaskan tiga kendala dalam pelaksanaan
kegiatan pembelajaran mata pelajaran geografi di sekolah terutama tingkat
SMA/MA?
a. Menurut Djamari
-
Distorsi pada penanaman wawasan geografi (buku
geografi hanya menyuguhkan obyek material dari geografi tanpa dimuati obyek
formal)
-
Distorsi pada tujuan pembelajaran geografi (ilmu
geografi tampak gersang dari ilmu-ilmu pendidikan)
-
Kurangnya aspek aksiologi ilmu geografi (menghasilkan
manusia-manusia yang tahu akan geografi namun kosong dari nilai – nilai
kemanusiaan dan keilahian)
b. Menurut Totok Gunawan
-
Perbedaan persepsi pembelajaran ilmu geografi (belum
berglayutan mulai dari tingkat dasar, menengah hingga perguruan tinggi)
-
Lemahnya fundamental geografi (apa pentingnya dan
tunjukkan pentingnya pendidikan geografi?)
-
Rendahnya kualitas pendidikan geografi (geografi di
Indonesia tidak terdengar ganungnya dan selalu berada dalam komposisi minor)
c. Menurut Diah Kirana
-
Pelajaran geografi belum dikemas secara menarik
-
Guru yang mengajar bukan dari bidangnya (bukan alumni
geografi)
-
Keterbatasan wawasan dan kreatifitas guru
-
Materi PJ dan SIG secara mendalam sebaiknya di
perguruan tinggi
6. Jelaskan keunggulan dan kelemahan empat metode belajar
yang dapat
diterapkan dalam proses pembelajaran geografi di
sekolah?
a. Tanya jawab
-
Kelebihan :
o
Ada interaksi antara guru dengan siswa..
o
Dapat menilai penguasaan konsep siswa.
o
Dapat melihat reaksi siswa terhadap ide-ide baru.
o
Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian
siswa, sekalipun ketika itu siswa sedang ribut, yang mengantuk kembali tegar
dan hilang kantuknya.
o
Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan
mengemukakan pendapat.
-
Kekurangan :
o
Siswa merasa takut, apabila guru kurang dapat
mendorong siswa untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang
melainkan akarab.
o
Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berfikir dan mudah
dipahami siswa.
o
Tidak efektif bila siswa belum menguasai konsep dasar.
o
Memerlukan banyak waktu, apalagi dalam jumlah siswa
yang cukup banyak
b. Diskusi
-
Kelebihan :
o
Ada interaksi antara guru dengan siswa., siswa dengan
siswa
o
Siswa berkesempatan memberikan sumbangan ide pemikiran secara terbuka
o
Melatih siswa untuk berkomunikasi secara efektif
-
Kekurangan :
o
Tidak efektif bila siswa belum menguasai konsep dasar.
o
Memerlukan banyak waktu.
c. Demonstrasi
-
Kelebihan :
o
Konsep yang diajarkan
menjadi lebih nyata.
o
Kesamaan pengertian terhadap suatu konsep.
o
Cocok untuk mengajar keterampilan
-
Kekurangan :
o
Ada prosedur tertulis untuk siswa.
o
Pelaksana demonstrasi siap dan terampil.
d. Simulasi
-
Kelebihan :
o
Memungkinkan praktek dan umpan balik dengan resiko
kecil.
o
Diprogramkan sebagai alat pelajaran mandiri
o
Memberikan kegiatan-kegiatan yang analogis.
o
Pendidikan formal atau magang.
-
Kekurangan :
o
Biaya pengembanganya tinggi dan perlu waktu lama.
o
Fasilitas dan alat-alat khusus yang dibtuhkan mungkin
saja diperoleh serta mahal harga dan pemeliharaannya.
o
Resiko siswa atau pengajar tinggi
Nama
: Arfita Rahmawati
Nim
: 094274014
Geografi
2009A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar